July 14, 2024

Foto: Humas PPSR

Suasana haru memenuhi seluruh jiwa pada acara perpisahan sekaligus pelepasan santri kelas 12 angkatan ke-28 Pondok Pesantren Syafa’aturrasul sabtu, 27/3.

Acara yg diselenggarakan di Masjid Syafa’aturrasul itu berlangsung khidmat. Suasana gerimis hujan menambah rasa haru melepas kepergian santri kelas akhir angkatan ke-28 itu.

Pada acara perpisahan ini pesantren menerapkan protokol kesehatan sehingga tidak dapat menghadirkan wali murid kelas 12 mengingat situasi pandemi saat ini, sehingga acara hanya dihadiri oleh majelis guru dan pegawai pesantren saja.

Dalam sambutannya, Dr. KH. Hamdani purba berpesan kepada kelas 12 agar selalu mencerminkan jiwa sebagai seorang santri dimanapun ananda berada. Sebab, santri alumni ini merupakan cerminan Syafa’aturrasul ditengah masyarakat.

“Anandaku , kalian adalah cerminan pesantren ditengah masyarakat, tunjukkanlah akhlakul karimah yang telah kami ajarkan kepada kalian dimanapun ananda berada” ujar kyai lulusan S3 Omdurman sudan ini mengawali sambutannya.

Lebih lanjut, beliau memberikan semangat kepada lulusan ke-28 ini untuk terus mengejar mimpi mimpi mereka diluar sana. Beliau juga mengingatkan bahwa menjadi apapun engkau kedepannya engkau tetaplah seorang santri yang harus berdakwah ditengah masyarakat.

“Kejarlah mimpi mimpi, wujudkan cita cita ananda sekalian, tapi ingatlah tidak ada istilah mantan santri ataupun mantan guru, kalian akan selalu menjadi santri dimanapun berada. Maka berdakwahlah sebarkan islam apapun profesi kalian nantinya, serta bangunlah pesantren ini dikemudian hari” tuturnya.

Prosesi perpisahan ini dipenuhi dengan isak tangis para santri kelas akhir pada sesi salaman bersama majelis guru. Selepas zhuhur santri kelas akhir diserahkan kepada orang tua mereka yang telah menunggu diluar gerbang pesantren.

#Ahmad.Jumaidi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *